cover
Contact Name
Sari Susanti
Contact Email
sarisusanti@ars.ac.id
Phone
+6289677743359
Journal Mail Official
redaksi@ars.ac.id
Editorial Address
ARS University Jl. Sekolah Internasional 1-2 Antapani Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
ISSN : -     EISSN : 26856964     DOI : https://doi.org/10.51977/jti
Core Subject : Science,
Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ilmiah yang merupakan mata rantai proses kegiatan ilmiah.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika" : 14 Documents clear
ANALISIS SOFTWARE DIGITAL AUDIO WORKSTATION (DAW) FRUITY LOOPS PADA IMAGE LINE MENGGUNAKAN METODE TAM Muhammad Raden Kamil Suhendi; Sri Muryani; Tika Adilah Mutiara
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.949

Abstract

Teknologi komputer memiliki banyak kemampuan yang bisa dimanfaatkan salah satunya oleh pendidik musik. Saat ini banyak software yang dikembangkan untuk membantu proses belajar musik yang lebih atraktif serta membantu penulisan ataupun pembuatan karya musik, serta. Fruity Loops Studio merupakan software Digital Audio Workstation (DAW) yang dapat memproduksi audio. Saat ini, FL Studio telah berkembang dengan sangat baik. Hal itu tidak memungkiri bahwa software ini selalu aman dari permasalahan yang ada, tidak jarang permasalahan selalu muncul dalam update ataupun tidak cocok dengan PC/Laptop yang digunakan. Oleh karena itu, Image-line selaku perusahaan dari FL Studio telah menciptakan sebuah forum member. Hal tersebut diharapkan dapat memperkecil masalah yang dihadapi pada software ini. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah para pengguna dari FL Studio tersebut. Pengambilan sampel ini dilakukan menggunakan teknik metode Technology Acceptence Model yang memperoleh 35 sampel sebagai responden. “Pada penelitian ini Metode analisis data menggunakan uji instrument penelitian, uji validitas & realibitas, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji T dan uji F. Data yang dioleh menggunakan SPSS20 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas system, kualitas informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan software DAW Fruity Loops Studio.”
APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN PENJUALAN KREDIT PADA CV. ERTEHA KARYA JAYA BOGOR Rahayu Ningsih; Shinta Purmawati; Rizka Wardani
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.948

Abstract

Transformasi Digital di Indonesia saat ini tentu membuat perkembangan teknologi informasi menjadi semakin pesat di segala bidang kehidupan, terutama dalam sektor usaha atau bisnis. Berdasarkan data pertumbuhan ecommerce dari Lembaga riset Merchant Machine asal inggris, Negara Indonesia tercatat dengan pertumbuhan 78%. CV Erteha Karya Jaya Bogor merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang distributor buku,Supplier percetakan dan ATK. Saat ini, dalam pencatatannya belum menggunakan sistem informasi yang baik, dimana semua transaksi dicatat kedalam aplikasi pengolah angka yaitu microsoft excel, termasuk laporan keuangan sehingga menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian untuk membangun sebuah aplikasi pencatatan keuangan penjualan secara kredit. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle) Waterfall, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mySQL yang memungkinkan pengguna dapat input data, edit data, pencarian data dengan cepat, serta menjadi solusi dalam penyimpanan data. Data transaksi keuangan perusahaan tersimpan dengan aman dan proses bisnis dari mulai membuat penawaran hingga laporan sesuai kebutuhan dapat dikelola dengan lebih mudah, cepat dan tepat.
PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN WEB E-COMMERCE PADA CAFE FORESTHREE BOGOR Wawan Kurniawan; Aditya Adrians Pietersz; Yusti Farlina; Yuri Yuliani; Kukuh Panggalih; Ade Suryadi
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.957

Abstract

Cafe Foresthree Bogor merupakan salah satu cafe yang mempunyai konsep unik yaitu dengan nuansa hutan dan hidangan yang menyajikan menu sehat penjualan online sangat diperlukan untuk meningkatkan pelanggan dan memberikan informasi yang luas, karena dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2021-2022 terdapat 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri. Jumlah data tersebut meningkat 6,78% dibandingkan pada periode sebelumnya yaitu sebesar 196,7 juta orang. Hal tersebut menjadikan tingkat penetrasi internet di Indonesia menjadi sebesar 77,02%. Penerapan E-commerce tentunya dapat mengubah kebiasaan pelanggan untuk berbelanja secara online. Hal tersebut menjadikan mudah dalam. Maka dibuatlah e-commerce untuk pengembangan cafe tersebut dengan menggunakan metode waterfall, serta bertujuan mempermudah pengolahan data penjualan, sehingga akan lebih mudah untuk memantau perkembangan penjualan tersebut, menyediakan pusat informasi penjualan yang sangat cepat, akurat dan tepat untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi pada waktu yang dibutuhkan, meningkatkan promosi penjualan dengan waktu dan biaya yang efektif dan efisien, pelebaran jangkauan pasar yang luas dalam hal penjualan dapat membantu untuk peningkatan penghasilan cafe.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN WEDDING ORGANIZER TEMA ADAT SUNDA BERBASIS WEB Rizal Rachman; Wildan Wiguna; Toni Arifin; Ani Solihat
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.960

Abstract

Resepsi pernikahan dengan tema adat telah difavoritkan oleh kalangan masyarkat di Indonesia. Pada pegelaran acara pernikahan adat Sunda membutuhkan persiapan khusus dan bahkan sebagian keluarga lebih memilih pelayanan dari vendor yang menawarkan jasa Wedding Organizer (WO). IM Creative merupakan salah satu vendor yang menyediakan dan menjalankan bisnis pada jasa WO. Perusahaan tersebut berinisiatif dalam menyediakan promosi jasa pernikahan dengan tema adat Sunda. Pada kegiatan analisa yang telah dilakukan pada IM Creative ditemukan beberapa hambatan terkait dengan proses bisnisnya. Kurangnya informasi bagi pelanggan dapat menghambat proses transaksi pemesanan paket jasa WO yang sesuai dengan tema pernikahan maupun konsep dari pihak keluarga calon pengantin. Kendala tersebut membuat pihak vendor mengalami kesulitan dalam mengelola data paket jasa WO hingga memproses transaksi pre-order (PO). Persaingan usaha yang ketat membuat pihak IM Creative berupaya mencari inovasi dari produk jasa yang ditawarkannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) Wedding Organizer (WO) dengan tema adat Sunda berbasis website di IM Creative. Metode yang digunakan dalam membangun sistem yaitu model Agile Extreme Programming, sedangkan pemrograman website menggunakan framework Laravel dan basis data MySQL. Proses pengembangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer (SIM-WO) menghasilkan media informasi dan promosi bagi pelanggan, sehingga memudahkan proses transaksi pemesanan paket jasa WO sesuai dengan tema pernikahan adat Sunda yang dipilihnya. Pihak vendor pun dimudahkan dalam mengelola data paket jasa WO hingga memproses transaksi pre-order.
PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU Titus Kristanto; Dewi Rahmawati; Achmad Muzakki
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1014

Abstract

Seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan tahap awal institusi untuk menyaring mahasiswa baru berdasarkan kriteria dan bobot yang ditentukan. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dimulai dari persyaratan administrasi, melakukan pendaftaran, seleksi berkas, pengumuman hasil seleksi, dan pendaftaran ulang. Selama ini, kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru masih dilakukan secara manual berupa rekap data dari file Excel, sehingga membutuhkan waktu lama untuk menentukan mahasiswa baru yang layak diterima. Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru membutuhkan ketelitian yang tepat, agar mahasiswa baru yang dipilih berkualitas sesuai dengan jumlah daya tampung yang terpenuhi. Pada penerimaan mahasiswa baru menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berdasarkan bobot dan kriteria yang ditentukan. Tujuan penelitian adalah untuk membantu proses seleksi mahasiswa baru ITTelkom dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berdasarkan bobot dan kriteria yang telah ditentukan dan membantu melakukan seleksi alternatif dari sejumlah alternatif terbaik pada penentuan mahasiswa baru. Hasil akhir penelitian adalah membantu pihak admisi institusi dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam penerimaan mahasiswa baru sesuai dengan kriteria yang diinginkan dari pihak institusi.
RANCANG BANGUN WEBSITE DESAIN SERTIFIKAT ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN Ramdhan Saepul Rohman; Yulhan Wahyudin; Renny Oktapiani; Dasya Arief Firmansah
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1022

Abstract

Sebagai penyelenggara layanan kesehatan, rumah sakit tentunya memiliki peranan penting dalam memberikan pengetahuan dan pelatihan pada karyawannya. Setiap karyawan yang mengikuti kegiatan akan memproleh sertifikat yang nantinya dapat bermanfaat untuk kegiatan sertifikasi kenaikan tingkat, profesi serta keperluan lainnya yang berdampak pada kelangsungan profesi karyawan. Sertifikat merupakan bukti telah diselenggarakan dan diikutinya suatu kegiatan. Sertifikat berisi waktu kapan kegiatan tersebut diselenggarakan, serta semua pihak yang terlibat didalamnya yang memiliki otoritas pada kegiatan yang dimaksud. Pembuatan sertifikat seringkali membutuhkan banyak kertas sehingga akan berdampak pada pembengkakan biaya pembelian serta lamanya waktu pembuatan dan pendistribusian pada peserta juga menjadi salah satu permasalahan yang sering ditemui. Hal ini tentunya perlu dilakukan inovasi dalam pembuatan sertifikat, tidak hanya proses pembuatannya saja namun juga mencakup semua tahapan dari mulai data mentah lalu diolah sehingga menjadi sertifikat elektronik. Sistem desain sertifikat elektronik berbasis website tentunya menjadi suatu solusi untuk menyelesaikan permasalah yang seringkali terjadi. Agar sistem yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan pengguna serta dapat menyesuaikan dengan alur yang semestinya perlu persamaan persepsi dengan pengguna di lapangan terkait alur dari hulu hingga hilir. Metode pengembangan sistem UCD (User Centered Design) berorientasi pada focus pengguna terhadap pembuatan dan distribusi sertifikat sehingga sistem yang dibangun akan sangat memenuhi setiap apa yang menjadi kebutuhan user. Sistem ini dapat meminimalisir lama waktu pembuatan, meminimalisir pengurangan biaya, mengurangi komplen dari peserta karena sistem yang telah terintegrasi sehingga saat data sertifikat diupload pada sistem, saat itu pula peserta sebagai pengguna terakhir (end user) dapat langsung mengakses sertifikat mereka.
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ASPIRASI MASYARAKAT SEBAGAI POKOK PIKIRAN DPRD KOTA TASIKMALAYA Haerul Fatah; Marliana Rahmawati Nurhanifah; Herlan Sutisna; Tri Wahyuni; Erni Ermawati; Indriyanti Indriyanti; Nurul Ichsan
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1023

Abstract

Berdasarkan riset pada DPRD Kota Tasikmalaya, ditemukan bahwa dalam pengajuan aspirasi masih belum terkomputerisasi sehingga ditemui beberapa masalah seperti pencatatan data pokok-pokok pikiran kurang efektif, sehingga terjadi penumpukan data berupa hard copy, mekanisme hasil penyusunan pokok-pokok pikiran yang jarang dipublikasi, sehingga beresiko terjаdinya manipulasi data, terutаmа dаlаm рembаgiаn роs аnggаrаn pokok-pokok pikiran sertа рelаksаnааnnyа kurаng mengаkоmоdаsi аsрirаsi mаsyаrаkаt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem informasi pengelolaan aspirasi masyarakat yang efektif dan efisien serta membangun sarana komunikasi antara masyarakat dan pemerintah Sekretariat DPRD Kota Tasikmalaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode SDLC Waterfall. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa perancangan sistem informasi pengelolaan aspirasi masyarakat merupakan solusi yang sangat baik untuk menghindari terjadinya penumpukan data, serta masyarakat dapat mengetahui dan memantau hasil dari penyusunan pokok-pokok pikiran anggota DPRD. Kata Kunci: Aspirasi Masyarakat, DPRD Kota Tasikmalaya, Pokok Pikiran, Waterfall
PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN JAMUR DI CV. KUSUMA MANDIRI YOGYAKARTA Ade Suryadi; Diah Ayu Ambarsari; Irwan Herliawan
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1043

Abstract

Kusuma Mandiri merupakan salah satu toko menjual hasil panen jamur di Yogyakarta. Media berjualan dan promosi masih menggunakan sistem manual sehingga menyebabkan tidak maksimalnya dalam penjualan dan mempromosikan karena pelanggan sulit mendapatkan infromasi menenai produk jamur. Pelanggan harus mengujung langsung untuk mendapatkan informasi dan membeli produk CV. Kusuma Mandiri. Untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi maka dibuatlah perancangan website E-commerce sebagai media penjualan jamur di CV. Kusuma Mandiri Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain website penjualan jamur sehingga pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan informasi produk jamur berupa informasi produk yang dijual tanpa harus dating langsung ke toko. Dalam penelitian iniyang dilakukan penulis menggunakan metode waterfall serta pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Perancangan website CV. Kusuma Mandiri menggunakan Bahasa pemrograman java script, PHP, HTML, CI dan Mysql. Website yang dibagun dirancang menggunakan use case diagram dan pengujian menggunakan black box testing. Hasil dari penelitian ini website yang dibuat dapat diterapkan pada CV. Kusuma Makmur agar dapat memperluas promosi dan meningkatkan jumlah penjualan.
ANALISIS DESAIN DAN PENGEMBANGAN POINT OF SALES ASTAKONA ANUGERAH ABADI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING Calvin Pang; Muhammad Ardiansyah
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1046

Abstract

Astakona Anugerah Abadi merupakan sebuah perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang ekspor-impor kayu palet. Adapun masalah yang dihadapi oleh Astakona Anugerah Abadi ialah kesulitan dalam pencatatan produk dan transmigrasi data per bagian divisi, alhasil memakan banyak waktu yang dapat digantikan oleh kegiatan yang lain. Pada penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk memberikan sentuhan digital dalam sistem pencatatan dari penggunaan kertas serta meminimalisir penggunaan kertas menjadi sistem elektronik berbasis web dengan menggunakan metode XP. Extreme Programming merupakan tahapan yang dapat memberikan perencanaan dan umpan balik secara khusus kepada klien sehingga mempermudah dalam pengembangannya dan dapat ditarik kembali jika terdapat kesalahan dalam pengembangan. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi penjualan, selain itu menghasilkan kesimpulan dan feedback dari klien.
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SMK PAHLAWAN TOHA BANDUNG Adang Kurniawan
Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/jti.v5i1.1048

Abstract

Proses penerimaan peserta didik baru yang dilakukan oleh SMK Pahlawan Toha Bandung dilakukan secara manual. Sistem penerimaan masih menggunakan arsip dalam bentuk fisik dan rentan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Salah satu teknologi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi website. Metode yang digunakan dalam merancang sistem informasi adalah SDLC (System Development Life Cycle), yaitu pendekatan melalui beberapa tahap dimulai dari menganalisis dan merancang sistem lalu dikembangkan melalui penggunaan siklus kegiatan hingga tahap implementasi dan pemeliharaan. Berdasarkan hasil penellitian dapat diketahui adanya sistem membuat proses penerimaan peserta didik baru lebih efisien, website penerimaan peserta didik baru memudahkan calon peserta didik baru melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke sekolah, membantu panitia dalam melakukan pengolahan data siswa baru, mencegah resiko kehilangan data, mengurangi penggunaan kertas formulir pendaftaran sehingga dapat menghemat biaya. Perbedaan dalam penelitian ini adalah terletak pada objek dan waktu penelitian, literatur dan teori yang digunakan serta hasil penelitian.

Page 1 of 2 | Total Record : 14